Kamis, 17 Februari 2011

Membuat Kreasi Dari Botol Bekas

Limbah botol air mineral bagi kebanyakan orang di anggap sebagai sampah yang kurang bermanfaat. Bagi ibu-ibu di Gresik Jawa Timur, limbah botol air mineral bisa di sulap menjadi aneka souvenir cantik berkualitas. Di samping untuk menjaga kebersihan lingkungan, pemanfaatan limbah botol air mineral tersebut mampu memberikan penghasilan tambahan bagi mereka.

Sejak 2 tahun terakhir, ibu-ibu rumah tangga kelompok PKK Kelurahan Gending Kecamatan Kota Gresik, selalu menyimpan dengan rapi limbah botol air mineral di rumahnya. Botol-botol ini bukan untuk di bakar atau di pasok ke para pengepul barang bekas, melainkan sebagai bahan baku aneka souvenir cantik berkualitas, seperti tudung saji, bunga dan gelas hias.

Mengubah design botol air mineral menjadi handicraft, sangatlah sederhana. Mula-mula, botol dipotong sesuai
kebutuhan, kemudian potongan ini di rangkai menjadi satu hingga mirip sebuah lingkaran. Tak lupa, di bagian pinggir di pasang lem sebagai perekat hiasan dari kertas dan pita.

Sebagai proses akhir, pada bagian atas rangkaian di pasang tutup dari plastik serta hiasan lain dari pita. Tudung saji atau tutup sajian makanan, siap di pasarkan.

Di saat yang bersamaan, sebagian ibu-ibu ada yang membuat hiasan bunga dari botol air mineral ukuran sedang dan besar. Bunga-bunga hias berasal dari plastik bekas bungkus makanan yang di potong kecil dan di rangkai hingga membentuk hiasan mirip bunga. Hiasan bunga kemudian di rangkai dengan botol air mineral sebagai potnya. Hasilnya adalah pot bunga cantik penghias ruang tamu.

Menurut ibu-ibu pengrajin, ide awal pemanfaatan limbah botol air mineral ini berawal dari banyaknya sampah botol yang berserakan di sekitar rumah mereka. Akhirnya, muncullah ide pembuatan kerajian souvenir ini. Bahkan, para ibu ini mengaku bisa mendapatkan penghasilan tambahan. “Lumayan, bisa menambah income”, ujar Murtini, salah seorang pengrajin.

Dalam sehari, ibu-ibu ini mampu menghasilkan sepuluh hingga 20 aneka souvenir cantik dengan harga jual bervariasi antara 5 hingga 15 Ribu Rupiah tergantung kualitas souvenirnya. Souvenir ini biasanya langsung terjual di tempat. Bahkan, tak jarang ibu-ibu ini harus bekerja lembur jika ada pesanan dalam jumlah besar.

Bagi ibu-ibu PKK ini, pemanfaatan limbah botol air mineral bukanlah sekedar mencari keuntungan material saja melainkan sebagai bagian menjaga kelestarian lingkungan. (sumber : google.com )

Contoh-contoh kerajinan dari botol bekas, silahkan anda mencoba membuat dengan kreatifitas anda masing-masing.








9 komentar:

  1. keren... bisa jadi inspirasi emak-emak daripada beli toples he.he..

    BalasHapus
  2. Good job and good creation.....

    BalasHapus
  3. subhanallah.....
    keren..... boleh saya ajarkan untuk adik2 saya :)

    BalasHapus
  4. wah bisa ditiru nih kreatifitasnya

    BalasHapus
  5. bisa dijadiin PKM nih :p

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. menarik yah kreasi dari botol minuman praktis bekas ini http://goo.gl/ar6DIQ

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...