Saturday, September 24, 2011

Tata Iwak

Sabtu 24 September 2011, bangun tidur saya langsung dikejutkan oleh ibu ku. Tau kenpa?? karena ibu ku mau masak " Tata Iwak " hahahhhh............ Ngga tau kan apa itu Tata Iwak ? hehehhhh..............
hayo kita cari tau............. itu berawal dari beberapa hari yang lalu, aku searching di google dengan kata kunci " tata iwak " karena saking penasarannya........eh ternyata di google ngga ada, terus saya ngga mau menyerah dengan mangganti kata kunci mulai dari " rumput tata iwak ", " rumput ", " alang-alang ", " rumput hijua ", " rumput teki " dan hasilnya tetap nihil.
dalam benakku, kalau suatau hari ibuku masak tataiwak lagi mau aku photo bentuknya, tapi sering nya ketika saya bangun tidur si rumput hijau itu ( read tata iwak ) sudah berada di meja makan. hahahh.........telat nih ( dalam hati ). kwkwkwkwkkwkkk.....................
Tambah penasaran kan anda-anda seklian apasih yang dimaksud dengan " tata iwak " hahahh.......nih ada penampakannya........akhirnya saya bisa mengabadikan Tata Iwak yang di google aja belum ada atau mungkin ada tapi namanya bukan Tata Iwak dan rumput ini hanya tumbuh di musim kemarau, biasanya disawah-sawah yang sudah kering tapi agak lembab.





















coba diperhatikan, ada ngga di daerah kalian ??? kalau ada namanya apa?
Kebetulan tata iwak itu mau dimasak oleh ibu, sekalian aja deh saya kasih tau cara memasaknya ( ibu ku yang praktek ) hahahh..........
terus saya yang ngramkumin buat kalian semua. begini nih langkah-langkahnya :
1. Tata Iwak yang dimasak adalah yang masih muda, jadi pilihlah tata iwak bagian ujungnya saja sama seperti ketika mau masak kangkung. seperti pada gambar berikut .





















2. Kalau sudah selesai, terus cuci Tata Iwak tersebut sampai bersih. seperti pada gambar berikut.






















3. Kemudian, rebus lah tata iwak yang sudah di cuci bersih samapai agak layu. seperti pada gambar berikut.




















4. Terus kemudian cuci lagi dengan air bersih lalu di peras, seperti gambar berikut.
























5. Kemudian cuci teri untuk campuran nya nanti, lihat gambar berikut.






















6. Lankah selanjutnya, kita menyiapkan bumbunya seperti; cabai, bawang merah dan bawang putih, gula jawa, garam secukupnya terus panaskan minyak goreng. Goreng dahulu bawang merah dan putih sampai agak kemerahan dan kemudian masukan cabai dan terinya, aduk2 sebentar kemudian masukan semua tata iwak yang tadi sudah diperas. seperti gambar di bawah ini.
























7. Kemudian selesai deh, tataiwak siap di nikmati. lihat gambar berikut.























Gimana mudah kan, rasanya juga enak. Walau agak pait, seperti pare dan daun pepaya mereka memiliki pait yang khas, begitu juga dengan tata iwak mempunyai rasa pait yang sangat Khas sehingga membuat masakan ini digemari oleh beberapa orang.
Untuk manfaat dari tata iwak ini, saya belum sepenuhnya tau  karena di internet juga masih jarang atau bahkan belum ada atau mungkin ada tapi namanya bukan tata iwak. Tetapi orang-orang di sini bilang kalau tata iwak itu dapat mencegah malaria seperti daun pepaya dan pare mungkin karena rasanya pait.
Sekarang harus lebih peka terhadap lingkungan sekeliling kita, siapa tau ada hal-hal yang belum banyak ada di internet atau sekalipun ada pasti namanya di setiap daerah berbeda-beda, begitupun dengan tataiwak ini, mungkin di daerah anda ada tapi namanya berbeda. jadi untuk pengetahuan share donk apa sih namanya di daerah anda??

6 comments:

  1. tata iwak akeh nang kene... tapi aku tembe ngerti jenengane.. haha

    ReplyDelete
  2. Besok kalo pulang kampung mo nyari ah 😆 sumpah penasaran bnget

    ReplyDelete
  3. Aku ya tes bruwun tata iwak,walopun pait tp aku suka bgt

    ReplyDelete
  4. Ibu ku sering masak sayur ini dptx di sawah enak klw di tumis tapi agak pahit

    ReplyDelete
  5. Nek nang daerah wetan jenenge krotok mas sugeng, yakin aku agi ngiler bgt tataiwak pas bukak eh ana wong banjar love

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...