Wednesday, October 13, 2010

Wisata Mancing Bersama Keluarga di Sido Manis

JERUKLEGI - Cilacap memiliki cukup banyak aset wisata baik darat maupun air. Salah satunya adalah tempat pemancingan Sido Manis di RT.04/03 Kel. Tritih Wetan, Kec. Jeruklegi. Perpaduan antara warung makan dan kolam pemancingan ikan, cukup membuat tempat ini menjadi lebih nyaman. Tempatnya yang jauh dari kebisingan dan berada dekat Rawa Bendungan menjadi daya tarik tersendiri.

Tempat pemancingan ini berdiri sejak tahun 2003 dan dikelola oleh karang taruna Sido Manis. Lokasinya mudah ditempuh karena hanya berjarak sekitar 500 meter dari simpang proliman atau sekitar 5 km dari
pusat kota Cilacap. Didukung akses jalan masuk yang mulus dan lahan parkir mobil yang luas membuat kolam pemancingan ini
dipadati pengunjung.


Bagi yang hobi mancing disini tersedia aneka pilihan kolam dengan ukuran rata-rata 30 x 30 meter masing-masing berisi ikan yang siap dipancing seperti ikan bawal, patin, emas, mujair, tawes dan gurameh dengan berat rata-rata 1 kg per ekor. Para pengunjung tidak dikenakan biaya masuk, namun harus membayar sesuai dengan hasil ikan yang dipancing. Ikan hasil mancing akan ditimbang dengan harga sesuai dengan jenisnya seperti ikan bawal Rp 12.000 per kg, patin Rp 10.000 per kg, emas Rp 18.000 per kg, mujair Rp 13.000 per kg, tawes Rp 10.000 dan gurameh Rp 23.000 per kg. 

Saat mancing di lokasi ini tersedia warung makan dan rumah istirahat, letaknya berada disebelah pintu masuk. Pengunjung dapat memesan aneka makanan dan minuman. Selain itu ikan hasil mancing juga dapat diolah disini. Sambil menunggu pulang atau letih usai mancing para pengunjung dapat menikmati hasil mancing yang diolah sesuai dengan selera masing-masing, bisa dibakar ataupun digoreng. 

Pengelola membuka tempat ini mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB. Pada hari Sabtu dan Minggu lepas pukul 12.00 WIB pemancingan ini dipadati pengunjung yang rata-rata rombongan atau keluarga. Pengelola juga menyediakan sewa alat pancing dan pakan ikan. Harga sewa pancing relatif murah Rp 1.000 sementara pakan ikan Rp 1.000. 

Tempat pemancingan ini sangat cocok bagi yang hobi mancing atau sekedar refreshing bersama keluarga.

sumber : http://cilacapmedia.com/index.php/rubrik/pariwisata/198-wisata-mancing-bersama-keluarga-di-sido-manis

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...